CHAT NETWORK PROGRAMMING
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaaatuuh.
Pada blog kali ini saya akan menjelaskan tentang Chat Network Programming dan kodingannya.
Network programming merupakan proses untuk membuat aplikasi yang mampu untuk berkomunikasi berbasis client server. Java Socket programming sendiri digunakan untuk komunikasi antar banyak aplikasi yang berjalan pada JRE yang berbeda. Disini ada 2 hal yang harus diperhatikan yakni Alamat IP dari server dan Nomor Port. Dibawah ini adalah kodingan dari ChatServer.
1. ChatServer.java
import java.io.*; // pada baris pertama ini fungsinya merupakan untuk membaca library input output//
import java.net.*; // pada barisan ini terdapat kelas-kelas yang didalamnya akan menghubungkan program yg dibuat berkomunikasi lewat jaringan //
public class ChatServer{ // ini adalah nama kelasnya yaitu ChatServer //
private static ServerSocket servSock; // ini adalah fungsi dalam kelas ChatServer//
private static final int PORT = 1234 ; // ini adalah nomor port server yaitu 1234 agar bisa berkomunikasi dengan client//
public static void main(String args[]){ // fungsi method menggunakan tipe data string //
System.out.println("Opening Port.....\n"); // dibukanya nomor port //
try{ // sebuah percobaan dalam program //
servSock = new ServerSocket(PORT);
}catch(IOException e){
System.out.println("Unable to attach to port");
System.exit(1); // sistem untuk keluar //
}
do{
run(); // untuk menjalankan program //
}while(true); // jika bernilai benar //
}
private static void run(){ // sebuah fungsi untuk menjalankan //
Socket link = null ; // berisi alamat IP Pada komputer //
try{ // percobaan //
link = servSock.accept(); // menunggu alamat server //
BufferedReader in = new BufferedReader(new
InputStreamReader(link.getInputStream())); // merupakan alamat //
PrintWriter out = new // keluar // PrintWriter(link.getOutputStream(),true); /) jika alamat yang dimasukkan benar //
int numMessages=0; // sebuah pesan dengan tipe data integer//
String message=in.readLine(); // pesan yang masuk bertipe data string)//
while(!message.equals("close")){ // pesan telah ditutup //
System.out.println("Message received"); // pesan diterima atau sukses //
numMessages++;
out.println("Message " + numMessages + ":" + message);
message = in.readLine();
}
out.println(numMessages + " message received.");
}catch(IOException e){
e.printStackTrace();
}
finally{ // selesai //
try{ // ulang lagi /)
System.out.println("*********Closing Connection****"); // dimana koneksi sudah ditutup //
link.close(); // alamat ditutup //
}
catch(IOException e){
System.out.println("Unable to disconnect"); // tidak terkoneksi atau terhubung lagi //
System.exit(1); // keluar //
}
}
}
}
2. Class ChatClient
import java.io.*; // berfungsi untuk membaca data dalam library input output //
import java.net.*; //fungsinya untuk menghubungkan komunikasi antar program //
public class ChatClient{ // ini merupakan nama kelasnya, yaitu ChatClient //
private static String strHost ; // Method dari host dengan tipe data string //
private static InetAddress host ; // fungsi method untuk menghubungkan alamat host //
private static final int PORT = 1234; // merupakan nomor port yaitu 1234 dengan tipe data integer //
public static void main(String args[]){ // Method fungsi Dengan tipe data string //
try{ // percobaan //
host = InetAddress.getLocalHost(); // Host akan memasukkan alamat lokalnya //
}catch(UnknownHostException e){ // tidak diketahui //
System.out.println("Host ID Not Found"); // ketika id host tidak sesuai //
System.exit(1); // perintah keluar //
}
run(); // perintah jalankan //
}
private static void run(){ // method untuk menjalankan program //
Socket link = null ; // alamat socket bernilai null //
try{ // percobaan //
link = new Socket(host, PORT); // alamat host dan nomor port //
BufferedReader in = new BufferedReader(new
InputStreamReader(link.getInputStream())); // memasukkan alamat //
PrintWriter out = new PrintWriter(link.getOutputStream(),true); // Alamat yang dituliskan benar /)
BufferedReader userEntry = new BufferedReader(new
InputStreamReader(System.in));
String message, response ; // respon pesan dengan tipe data string //
do{
System.out.print("Enter message : "); // mengirimkan pesan //
message = userEntry.readLine();
out.println(message); // Pesan keluar //
response = in.readLine();
System.out.println("SERVER " + response); // mendapatkan respon dari server //
}while(!message.equals("close")); // pesan ditutup //
}catch(IOException e){
e.printStackTrace();
}
finally{ // Selesai //
try{ // mengulang atau percobaan //
System.out.println("closing connection"); // penutupan koneksi //
link.close(); // alamat ditutup //
}
catch(IOException e){
System.out.println("Unable to disconnect!"); // Jaringan tidak terkoneksi atau terhubung //
System.exit(1); // Akan keluar dari sistem //
}
}
}
} // setelah diatas tanda buka Kurawal, Jangan lupa juga tanda tutup Kurawal dibawah //
Jadi itulah blog saya mengenai ChatServer dan ChatClient. Dimana Server disini mengirimkan pesan ke Client menggunakan koneksi agar tetap terhubung.
Lebih dan kurang saya mohon maaf, semoga bermanfaat.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaaatuuh.
Komentar
Posting Komentar